Pentingnya Posisi Tidur

Pernah bangun tidur dengan nyeri leher atau belakang (salah bantal)? Karenanya kita harus perhatikan posisi sebelum tidur.
Gunakanlah bantal yang sesuai dengan lekuk leher. Kalau telentang, bantal harus membuat leher dan kepala segaris dengan tulang belakang Anda. Kalau posisi miring, tekuklah lutut sedikit yang akan membantu lekuk tulang belakang Anda. Atau bila tidur telentang, pakailah bantal tipis di bawah kedua lutut. Dan jangan pula lupa bahwa kasur yang agak keras akan memberikan kenyamanan daripada kasur yang sangat lembut atau terlalu keras.
Biasanya dua pertiga orang yang mengalami nyeri pinggang akut akan mendapatkannya lagi dalan jangka setahun. Untuk menghilangkannya, cobalah langkah-langkah berikut:
1. Tetaplah aktif sehingga tubuh Anda tetap kuat dan berat badan tetap dalam kendali.
2. Perkuat otot-otot inti dengan olahraga khusus.
3. Jangan lupa menimbang badan sehingga Anda mengendalikan kenaikan berat. Mengurangi berat akan menolong memperingan tekanan pada tulang belakang.
4. Tangani stres untuk menolong menghilangkan tegangan pada otot yang menyebabkan nyeri punggung.
5. Perbaiki cara berdiri Anda untuk mencegah dan menyembuhan nyeri punggung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: