Inilah Caranya Menumbuhkan Facebook Fan Page Anda Secara Menyebar (Viral)

Facebook memperkenalkan metrik “People Talking About This” atau “Orang Berbicara Tentang Ini” beberapa bulan yang lalu.

Awalnya, banyak yang skeptis tentang bagaimana metrik tsb akan berguna bagi penggunanya.

Ternyata, itu sebenarnya salah satu metrik terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengukur pemasaran Facebook Anda.

Metrik ini memberitahukan Anda seberapa efektif pemasaran Anda setiap minggunya. Dan itu adalah kunci untuk menumbuhkan fan page Facebook Anda secara meluas/viral

Mengapa?

“Viral Reach (jangkauan penyebaran)” Anda terkait erat dengan berapa banyak orang yang “Talking About You / Berbicara tentang Anda”. Berikut adalah cara untuk meumbuhkan fan page Facebook Anda sevara viral.

Berikut adalah cara untuk tumbuh fan page Facebook Anda virally.

Talking_About_This_vs._Viral_Reach

Jadi semakin banyak orang yang “berbicara tentang Anda”, semakin banyak halaman Facebook Anda menyebar karena tumbuh sendiri.

Tapi ada masalah besar. Sesuatu yang dapat menghentikan Anda.

Apa yang menghentikan dari pertumbuhan fan page Facebook Anda itu?

Facebook EdgeRank 101

Yang sebenarnya adalah bahwa tidak peduli berapa banyak penggemar halaman yang Anda memiliki. Ini adalah kenyataan pahit untuk rencana media sosial Anda jika Anda tidak memiliki keterlibatan/hubungan, maka orang tidak akan pernah melihat pembaruan Anda.

EdgeRank Facebook adalah sebuah algoritma yang menentukan berapa banyak penggemar Facebook Anda akan benar-benar melihat update Anda.

Alogaritma ini terdiri dari tiga bagian:

1. Hubungan erat/keterlibatan pengguna.

Bagian pertama ini mengukur tingkat keterlibatan setiap pengguna individu dengan halaman Anda.

Semakin sering pengguna Suka, komentar, pandangan, atau menanggapi pertanyaan pada halaman Anda, semakin besar kemungkinan mereka akan menerima update.

2. Bobot Status

Facebook ingin para penggunanya untuk tetap di situs mereka selama mungkin. Jadi mereka memberikan kredit lebih untuk jenis update yang berbobot. seperti video, diikuti oleh foto, link, dan kemudian update status seperti biasa.

3. Kesegaran/sesuatu yang baru.

Sebagai aturan praktis, kebanyakan orang telah melihat pembaruan status dalam waktu 4 jam.

Jadi memperbarui/update status pada interval yang konsisten dan pada waktu yang tepat dapat sangat menguntungkan.

Tapi hati-hati. Sering mem-Posting lebih dari sekali setiap empat jam, benar-benar dapat membuat  Anda kecewa dalam jangka panjang.

Bagaimana Mengalahkan EdgeRank?

Kunci untuk mengalahkan EdgeRank, adalah dengan meningkatkan keterlibatan pengguna Anda pada setiap update.

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat Anda mulai lakukan hari ini.

Gunakan Hubungan Pribadi.

Alamatkan kepada penggemar Anda dengan santai dan bersifat pribadi. Pikirkan tentang apa yang membuat pengguna Anda tertarik, dan menggunakan kosakata yang mereka akan gunakan.

Selalu menempatkan kebutuhan audiens Anda padaurutan pertama.

Jika Anda posting link ke artikel yang Anda tulis, maka secara spesifik tanyakan pada mereka “Apa yang mereka pikirkan tentang hal ini/itu? “, atau “Apakah Anda lebih baik memilih, ini  atau itu ?”.

Selalu gunakan Aksi Ajakan.

Anda harus selalu memiliki tujuan tertentu di balik setiap update status. Jangan hanya mengoceh atau posting sampah … ini bukan Twitter!.

Jika Anda ingin para pengguna Anda untuk mengambil beberapa tindakan, kemudian tanya mereka juga!

Jadi cobalah berkata, “beri tahu Saya apa menurut kamu?” , atau “Like update ini jika Anda Suka hal tersebut.”.

Memicu respons emosional dan debat.

Orang akan merasa terdorong untuk merespon ketika mereka memiliki minat yang mendalam.

Topik-topik mudah yang memicu percikan perdebatan adalah jenis kelamin/seks, agama dan politik. Tapi saya akan mendorong Anda untuk menghindari topik-topik ini untuk alasan yang jelas.

Sebaliknya, gunakan berita saat ini atau referensi budaya popular. Ini menginspirasi ketertarikan yang sama, tanpa membuat kepala sakit dan argumen-argumen.

Posting pada jam-jam sibuk.

Akhirnya, lihatlah  dan perhatikan pola Facebook Anda untuk menentukan kapan membuat update terbaik (dalam hal Total Views) yang diposting.

Jika Anda tidak dapat menemukan pola atau petunjuk, maka Anda harus perhatikan jadwal posting/update status sebagai berikut:

Pagi (07:00-9:00)
Akhi Jam Kerja (05:00-7:00)
Akhir Malam (23:00-1:00)

Facebook menggunakan pedoman puncak/peak selama jangka waktu tersebut, dan Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik mengekspos konten Anda ke lebih banyak orang.

Menggunakan tips pemasaran ini akan membantu Anda segera meningkatkan keterlibatan para pengguna kepada Anda.

Dan ketika Anda meningkatkan keterlibatan setiap hari, maka halaman fan Facebook Anda akan mulai tumbuh secara menyebar.

Semakin banyak orang yang Anda dapatkan “Talking about You/berbicara tentang Anda” setiap minggu, maka Anda memiliki kesempatan yang lebih baik  dalam mencapai tujuan pemasaran Anda.

Selamat mencoba dan semoga sukses selalu! Amiiin….

One Response

  1. Terima kasih,sangat bermanfaat sekali artikelnya.
    Yang mau saya tanyakan,bolehkah kita posting 3x sehari sesuai jadwal waktu terbaik tsb,,,,,???
    Bagus atau bahaya kalau sehari 3x,,,,,????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: