Orang Bodoh VS Orang Pintar By Mario Teguh

Orang Bodoh vs Orang Pintar, by Mario Teguh

Orang bodoh sulit dapat kerja, akhirnya berbisnis…

Agar bisnisnya berhasil, tentu dia harus rekrut orang pintar.

Walhasil boss-nya orang pintar adalah orang bodoh.

Orang bodoh sering melakukan kesalahan, maka dia rekrut orang pintar yang tidak pernah salah untuk memperbaiki yang salah.  Walhasil orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk keperluan orang bodoh.

Orang pintar belajar untuk mendapatkan ijazah untuk selanjutnya mencari kerja. Orang bodoh berpikir secepatnya mendapatkan uang untuk membayari proposal yang diajukan orang pintar.

Orang bodoh tidak bisa membuat teks pidato,maka dia menyuruh orang pintar untuk membuatnya.

Orang bodoh kayaknya susah untuk lulus sekolah hukum (SH).oleh karena itu orang bodoh memerintahkan orang pintar untuk membuat undang-undangnya orang bodoh.

Orang bodoh biasanya jago cuap-cuap jual omongan,sementara itu orang pintar percaya.

Tapi selanjutnya orang pintar menyesal karena telah mempercayai orang bodoh.  Tapi toh saat itu orang bodoh sudah ada di atas.

Orang bodoh berpikir pendek untuk memutuskan sesuatu yang dipikirkan panjang-panjang oleh orang pintar. Walhasil orang orang pintar menjadi staf-nya orang bodoh.

Saat bisnis orang bodoh mengalami kelesuan, dia PHK orang-orang pintar yang berkerja.

Tapi orang-orang pintar DEMO.  Walhasil orang-orang pintar ‘meratap-ratap’ kepada orang bodoh agar tetap diberikan pekerjaan.

Tapi saat bisnis orang bodoh maju, orang pinter akan menghabiskan waktu untuk bekerja keras dengan hati senang, sementara orang bodoh menghabiskan waktu untuk bersenang-senang dengan keluarganya.

Mata orang bodoh selalu mencari apa yang bisa di jadikan duit.

Mata orang pintar selalu mencari kolom lowongan perkerjaan.

Bill gate (Microsoft), Dell, Henry (Ford), Thomas Alfa Edison, Tommy Suharto, Liem Sioe Liong (BCA group).  Adalah contoh orang-orang yang tidak pernah dapat (S1), tapi kemudian menjadi kaya.  Ribuan orang-orang pintar bekerja untuk mereka.  Dan puluhan ribu jiwa keluarga orang pintar bergantung pada orang bodoh.

PERTANYAAN :
> Mendingan jadi orang pinter atau orang bodoh??
> Pinteran mana antara orang pinter atau orang bodoh ???
> Mana yang lebih mulia antara orang pinter atau orang bodoh??
> Mana yang lebih susah, orang pinter atau orang bodoh??

KESIMPULAN:
Jangan lama-lama jadi orang pinter, lama-lama tidak sadar bahwa dirinya telah dibodohi oleh orang bodoh.

Jadilah orang bodoh yang pinter dari pada jadi orang pinter yang bodoh.  Kata kunci nya adalah ‘resiko’ dan ‘berusaha’, karena orang bodoh perpikir pendek maka dia bilang resikonya kecil, selanjutnya dia berusaha agar resiko betul-betul kecil.

Orang pinter berpikir panjang maka dia bilang resikonya besar untuk selanjutnya dia tidak akan berusaha mengambil resiko tersebut.  Dan mengabdi pada orang bodoh…

Diamanakah posisi anda saat ini…?
Berhentilah meratapi keadaan anda yang sekarang…

Ini hanya sebuah Refleksi dari semua Retorika dan Dinamika kehidupan.

Semua Pilihan dan Keputusan ada ditangan anda untuk merubahnya, lalu perhatikan apa yang terjadi…

Stay Super…..

Salam,
Mario Teguh…

39 Responses

  1. Orang pintar gak akan percaya begitu saja dengan tulisan ini. Tetap semangat wahai orang” pintar, uang bukan segalanya!

    • betul banget tuch, in kan cerita suatu motivasi agr dmn kita bs brfikir untuk menjadi seseorang yang mngerti tentang kehidupan yang sbenarnya kita lalui.

    • that’s amazing,,
      anda ingin tahu saya dalam kategori mana,,
      I’m Jenius man,,,
      Thanks for reading

  2. Uang memang bukan segala2nya, tanpa kalau tidak ada uang kita juga tak ada apa2nya.

  3. @ Indera.. Memang uang bukan segalanya.. Tapi untuk mencapai segalanya butuh uang.. Berarti bener artikel ini.. Wkwkwkwk

  4. Menurut gw ga ada org bodoh ato org pinter di dunia ini yg ada org mls dan org rajin,krn sepintar apapun dia tp dia tdk mao berusaha dia hny akan menjd org bodoh tapi org yg bodoh tp mao berusaha lama kelamaan dia akan sukses dan mnjd org pintar…

    • betul tuch…

    • ini baru manap

    • Tetep aja orang malas yg iqnya tinggi kyk gw dllnya gw tiap hari kerjaan males dikerjain tapi klw kerjaan gw kerjain langsung jadi tapi komentmu ada benernya m

  5. Hahahahahaha lucu banget nih artikel…apalagi yang nulis…coz aq jadi pengen nanya ma penulis artikel ini… ♠p♤ dia sendiri ngerti definisi orang pintar dan orang bodoh…karena menurut saya tidak ada orang pintar dan orang bodoh…yang ada hanya orang yang ♏äώ berpikir dan orang yang malas berpikir…orang yang ♏äώ berusaha dan orang yang malas berusaha…
    Kalopun ada iq tinggi dan iq rendah, kecerdasan tinggi dan kecerdasan pas2an…saya yakin tidak ada orang dengan iq dan kecerdasan tinggi yang menilai kepintaran atawa kebodohan seseorang hanya dåя̲̅i hasil akademiknya…

  6. Hahaha lucu banget artikel ini… sebenernya apa definisi orang pintar dan orang bodoh? menurut saya yang ada hanya orang yang mau berpikir dan malas berpikir, orang yang mau berusaha dan malas berusaha….
    Kalaupun ada orang yang ber IQ tinggi dan ber IQ rendah, atao memiliki kecerdasan tinggi atao pas-pas an.. saya yakin orang dengan kecerdasan dan IQ yang tinggi tidak akan menilai orang pintar ataupun bodoh hanya dari sisi akademiknya saja…

  7. Org yg tidak tamat sekolah belum tentu org bodoh dan org yg tamat sarjana belum tentu org pinter.kalo yg diceritakan diatas adalah org pinter yg gk tamat sekolah.bkn berarti dia org bodoh.

  8. Di artikel tertulis org bodoh tidak dpt kerja lalu berbisinis,itu kalau ada modal.coba kita lihat org yg tidak ada modal.habislah dia sudah bodoh tdk dpt apa2.tetap paling penting itu pendidikan (org pinter) karena itu adalah bekal,disaat tdk ada modal msh bs kerja di perusahaan.nah,kalau orang bodoh?terpuruklah dia.bill gates,dll itu memang bukan gelar s1.tapikarena jaman dulu beda dgn sekarang.luck juga merupakan faktor utama.jadi menurut saya penulis artikel ini hanya menghibur org lain dan dirinya sendiri.thank you 4 ur attentions.wassalam…

  9. Menurut saya, artikel ini ada betulnya..mgkn maksudnya bkn org pintar/bodoh secara harafiah tp org pintar(terpelajar/berpendidikan tinggi) lbh condong utk berpikir lbh panjang & kadang terlalu jauh sehingga takut utk mengambil resiko yg ada krn dia sdh terpikir semua resiko yg ada..sedangkan org bodoh (kurang terpelajar) lbh nekat krn kurang ngerti makanya dia ambil kesempatan yg tdk diambil org pintar tsb…mmg kadang bisa sukses tp adakalanya malah amblas jg..jd kuncinya bkn krn pintar/bodoh tp ada kemauan atau tidak & tentu harus ada satu lagi kunci utama, yaitu berkat yg dari atas…

  10. To all friends…thx sudah mampir n beri komen..
    Menurut saya, Tuhan memang Maha Adil dan Maha Bijaksana, Dia menciptakan segalanya berpasangan (seimbang), baik-buruk, pria-wanita, hidup-mati dll. bahkan bodoh-pintar. Sekarang dalam hal ini tergantung si manusianya mau pilih yang mana?

    Kalau mau pintar/berhasil ya konsekuensinya hrs belajar, giat berusaha, Sabar dan berdoa serta berpengalaman (bakat).

    Ada juga orang bodoh (tidak/kurang berpendidikan formal) yang berhasil, awalnya dia juga belajar namun dia belajar dari pengalaman dibantu dengan SABAR dan DOA serta kemauan yang kuat untuk merubah kebodohan menjadi suatu keberhasilan.

    Jadi prinsipnya adalah Tuhan itu tidak tidur, Dia tahu manusia mana yang serius dan mana yang tidak. Dia berhak menentukan besar/kecil rizkiNya kepada semua ciptaanNya

    “Berusaha, Sabar dan Berdoa”

    that’s my opinion….guy’s

  11. Sy setuju dgn beberapa komen diatas, mgkn pak mario lupa beberapa hal saat membuat artikel ini kriteria org pintar dan org bodoh tidak ditentukan oleh strata pendidikannya. Ada beberapa faktor yg umumnya dijadikan acuan utk menentukan pintar atau bodohnya seseorang yg paling umum adalah IQ, sy pernah baca di web ato referensi lain IQ bill gates diatas 140, apa itu termasuk bodoh menurut pak mario ? Jg thomas alfa edison di beberapa versi dikatakan dia org bodoh pdhl kenyataanya dia mempunyai otak yg jenius shg org lain tidak bs memahami pikirannya shg dianggap bodoh. Kalo mgkn IQ pak mario diatas mereka wajar sih kalo menyebut mereka bodoh. Blm lagi dunia ini mengenal ilmuwan paling berbakat yaitu albert einstein yg mempunyai IQ diatas 180 belum lg ilmuwan lainnya. Jadi menurut sy jgnlah segala sesuatu diukur dgn uang atau materi karena nanti tidak akan ada org yg mau jadi guru,petani dll yg malah akan membuat dunia terbalik mgkn. Oh yah pak mario jg lupa satu hal yg paling penting, saat dia mencari nafkah sebagai pembicara/motivator di berbagai forum dia sudah menjadi si org “pintar” yg dimanfaatkan si “bodoh” utk mendengarkan ceritanya. Gimana tuh pak mario, enak jadi org pintar ato jadi org bodoh ?

  12. Saya setuju dengan artikel ini. Menurut saya, pendidikan yang kita dapat di bangku sekolah, bukanlah satu-satunya alasan yang dapat menentukan kesuksesan seseorang. Saya sendiri, termasuk orang yang doyan belajar, saya mempunyai 2 gelar master dan juga lulus dari luar negeri. Semakin saya banyak belajar di bangku kuliah, saya semakin menyadari bahwa ilmu yang kita dapat di bangku kuliah, tanpa kebijaksanaan dan kerja keras (yang kita dapat dari pelajaran hidup) tidak akan berarti apa-apa. Banyak profesor di universitas yang tidak memiliki ‘kebijaksanaan untuk menyiasati hidup’, dan banyak pula orang yang tidak menyandang gelar apapun, tetapi memiliki kebijakan dan ilmu menyiasati hidup yang lebih baik dari pada ‘sang profesor’.

    Maksud saya disini adalah, kepada orang-orang pintar, janganlah kalian terlena karena banyaknya gelar di belakang nama kalian, karena ilmu yang sesungguhnya itu didapat dari hidup. Jangan pernah berhenti belajar, pelajaran itu bisa kita dapat dari mana saja, bahkan dari orang-orang ‘bodoh’ yang tidak pernah mengecap pendidikan formal…

  13. Saya setuju dengan Pak Se Chiang. Janganlah kita menjadi orang pintar yang di bodohin oleh orang bodoh. Karena penulis artikel ini hanya mengungkapkan 1 sisi doang n jauh dari kebenaran.

  14. Orang pinter selalu ga mau nunjukin kepinteran nya, lebih baik di bilang bodoh
    Tapi orang yg kurang pinter selalu pingin di anggap paling pinter

  15. Wowww… Saya setuju dgn se chiang, si mario itu hny si pintar Ɣªήğ memanfaatkan org bodoh tuk keluar duit hny mendengarkan cerita omong kosong ny. Whai manuasia, milikilah inisiatif dan motivasi sendiri, masa harus dgn motivasi org lain baru bisa bergerak. Sadar dunk sadarr…

  16. Mau pinter ato bodoh, kLo ga hoki ya NASIB. Mending jd org bodoh yg hoki drpd org pinter yg apes. Huahahaha. Thx buat tuLisan nya, cukup buat saya terhibur. Dunia ya begini ini, org pinter bisa jahat, org bodoh bisa baik. PiLihan saya, tetep org pinter yg hoki,😛

  17. Angel on boleh juga tuh comment..singkat padat tepat..” mending jd orng bodoh yg hoki..dari pada orng pinter yg apes…”

  18. Cocok… lah kalau gitu…emang orang pintar banyak dimanfaatkan orang yang ngak pintar.. Maka jadilah orang pintar yang pintar.

  19. Orang bodoh n orang pinter hanya secara harfiah, so jgn dilihat secara semata…byk makna yg bisa diambil kok dari artikel ini terutama trik2 orang bodoh utk berhasil….caiyo mario teguh…salam sukses

  20. Good article…
    Jgn ambil makna dari satu sisi saja karena, byk makna positif yg bisa kita ambil if we had positive thinking…salam super for mario teguh

  21. sedikit termotivasi ^^

  22. Jadilah orang pinter tetapi jgn untuk minterin orang lain….
    Jka anda bodoh tetapi janganlah mau dibodohin orang lain

    Lebih jeli dalam segala hal untuk kemajuan, banyaklah membantu org menjadi sukses…

  23. saya setuju dengan artikel bapak ini tapi adah satu yang aneh………
    apakah selamanya orang pintar yang jadi dibodohin orang bodoh atau pun orang bodoh yang bodoh makin bodoh di buat orang pintar ?

    dan satu,
    Pak Mario Teguh saya mau tawu dari diri bapak tentang refleksi nilai luhur sebutir nasi ?
    jawab ya pak …….
    saya tunggu
    salam super

    BY: felix noel sitorus

    • Wah saya bukan si Mario Teguh, gan! Ini cuma postingan artikel si Mario doank. Pertanyaan agan kiita lempar aja deh ke para pembaca yg lain, biar mreka menjawabnya. Btw thank’s sudah mampir di blog ini gan.

  24. knp jd pada ribet..???

    tujuan mario diartikel ini kan memotivasi orang yg telat mendapat gelar / pinter (bodoh). supaya menjadi org yg bermanfaat dan sukses, dgn sedikit berkontribusi utk masa depannya..

    so, chaaayoo.. bwt org bodoh yg pintar..
    good luck

  25. “buat temen2 yg udah komen di atas, terlepas dari salah atau benar”

    beberapa komen tidak relevan dengan maksud dn tujuan dari artikel tersebut, coba lihat dari sisi yg lebih simple

    Pa mario teguh itu motivator,
    “he just want to share the spirit for the people who need it.”

  26. penekanan tantang orang bodoh dan orang pintar pada tulisan ini diukur dalam hal akademis, karena pengamatan saya pribadi tmn2 yang mempunyai IPK tinggi cenderung menjadi karyawan perusahaan2 swasta yang gajinya tidak seberapa dan bisa saya cari dalam 1 – 2 hari saja, karena kebanyakan dari mereka tidak berani mengambil resiko sehingga cari aman dan memilih menjadi karyawan yang tentunya tidak ada resiko apa2 dgn menjadi karyawan berbeda dgn berbisnis yg high profit hgh risk, bukan bermaksud untuk sombong tapi sekedar mengajak pada teman2 yang pada pinter2 untuk berani mengambil resiko. kecuali sudah pusa dgn status dan salary karyawan anda. semua keputusan ada di tgn anda, apapun yang anda lakukan yang penting halal itu sudah lebih dari cukup. piss

  27. Bill gates and friends yg disebutkan di atas saya tidak setuju kalau mereka dibilang orang bodoh.

  28. hahahaha

  29. posisi saya diantara keduanya sebagai karyawan dan wiraswasta yg memiliki 10 karyawan yg pinter-pinter

  30. kalau saya tak salah.. ini tulisannya bob sadino punya.

  31. kalau bill gates dengan IQ 160 dianggap orang bodoh berarti 99% populasi dunia terhitung orang Idiot !

  32. pas seperti yg sy rasakan

  33. Begitulah seninya hidup

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: