Bagaimana Caranya Memulai Bisnis

Hallo kawan!

Baru saja terlintas di kepala saya untung mengetengahkan postingan bagaimana cara memilih peluang bisnis versi saya.

Dari kata “bisnis” sudah tersirat bahwa kata bisnis ini mengandung arti sebuah keuntungan. Memang bisnis itu identik dengan keuntungan. Kalau tidak untung namanya bukan bisnis tapi kerja sosial.Setiap bisnis memerlukan proses yang boleh dikatakan panjang dan rada ribet untuk mempersiapkannya, setuju? Dengan persiapan yang matang akan membuahkan hasil yang gemilang.

Namun jaman sekarang kayaknya untuk meniru atau menciptakan sebuah bisnis tidak gampang apa lagi sekarang jamannya lebih sulit dan makin sulit serta serba sulit. Maklumlah keadaan perekonomian sekarang tidak seperti dulu lagi.

Sebenarnya peluang bisnis itu banyak sekali, bapak/ibu/mas/mba/bro & sist bisa mendapatkannya di media cetak, internet dan lainya. Taaapppiiii….. Apakah kesemuanya itu bisa dijalankan dengan mudah? Maksud saya mudah untuk memulainya dan mengendalikan langsung serta menguntungkan.

Setiap bisnis menuntut pengorbanan dan kekonsistenan kita, baik dalam hal permodalan, niat/keseriusan serta kekonsistenan kita. Tanpa itu semua tidak akan tercipta sebuah bisnis yang sukses. Betuuull?

Modal itu bisa dibilang syarat mutlak setelah niat, tanpa modal kita tidak akan bisa membangun bisnis. Modal bisa berupa uang dan barang. (Gak ada uang barang bisa dijual/digadaikan/minjem/lainnya hehehe)

Hidup Itu Harus Memilih istilah itu sudah saya sadari namun apakah anda menyadarinya juga? Pilihan hidup/peluang di dunia ini banyak sekali, namun tidak sedikit kita salah memilih, tapi jangan berkecil hati bila kita salah memilih, masih banyak tersedia pilihan kok.

Dalam hal memilih peluang bisnis memerlukan feeling dan logika, buka pikiran anda seluas luasnya (jangan picik) terhadap segala sesuatu, dan jangan menilai buruk atau menghakimi terhadap sebuah pilihan peluang bisnis. Tolong Anda baca kalimat tebal dan miring tadi berulang ulang dan pahami. Tanpa memahami kalimat itu sudah bisa dipastikan Anda tidak akan pernah berhasil sampai kapanpun.

Kadang kita menilai suatu peluang itu tidak cocok atau tidak sejalan dengan jiwa/keahlian kita, tapi pada kenyataannya banyak orang yang memilih peluang tersebut bahkan banyak pula bertolak belakang dengan pendidikan dan keahlian mereka.

Cara memilih peluang bisnis versi saya (hehehe):

1. Cari peluang yang dapat memberikan nilai lebih pada diri anda. Maksudnya adalah pilih peluang yang dapat juga membantu orang lain dalam kehidupannya. Hidup/berbisnis itu harus tolong-menolong dan berbagi (sharing and helping each other) knapa saya katakan ini? Karena semua agama mengajarkan bahwa kita harus selalu menolong orang lain dalam segala hal. Hal ini merupakan motor spiritual bisnis kita. Tuhan akan memberikan lebih bahkan berkali kali lipat dari apa yang kita telah berikan kepada orang lain.

2. Open Mind and Positive Thinking. Buka pikiran anda seluas luasnya dan berpikir positif terhadap semua peluang yang ada. Tanpa itu semua, maka bisa dipastikan anda sedang menyempitkan sudut pandang dan mengkotak-kotakkan peluang anda sendiri. Dalam hal memilih peluang, tugas utama kita adalah memilih dan menjalankannya, bukan untuk menghakimi peluang. Banyak orang memilih peluang yang dianggap/dinilai tidak baik bahkan negatif akan tetapi orang lain tersebut malah telah sukses dan mendapatkan hal positif dari peluang tersebut.

3. Para motivator bilang, “Action, action, action!” Kerjakan langsung bila kita ingin mencari peluang dan menjalankan peluang tersebut bila sudah memilih. Atau langsung hubungi penyedia peluang bisnism Jangan banyak mikir apalagi mikir yang bukan-bukan. Be positive thinking man!

4. Tanyakan langsung pada seseorang yang telah menjalani peluang bisnis tersebut. Tanyakan kepadanya pertanyaan “Bagaimana cara dan mengapa anda harus memilih peluang dan menjalankan bisnis ini dll”. Sediakan waktu untuk menghubungi dan bertemu dengannya.

5. Jangan berpikir sesuatu hal yang belum tentu akan terjadi! Hal ini merupakan unsur yang sangat negatif bagi anda. Bila kita berpikir demikian maka sudah bisa dipastikan anda tidak akan jalan. Lebih baik tanyakan dan minta penjelasan kepada senior bila anda telah menemukan masalah/gangguan tersebut dalam menjalankan usaha.

6. Memilih peluang tidak harus sesuai dengan latarbelakang pengalaman dan pendidikan kita. Banyak juga orang yang berhasil menjalankan bisnisnya walaupun bertolak belakang dengan pengalaman atau pendidikannya. Pengalaman dan pendidikan berfungsi hanya sebagai cara bagaimana cara pandang dan berpikir tentang sesuatu. Makin tinggi pendidikan dan pengalaman seseorang seharusnya dia makin bisa melihat dan berpikir sesuatu lebih luas lagi tentunya yang positif. Jika tidak saya sarankan dikau ke laut aja!

7. Cari peluang bisnis yang bersifat “monopoli”. Bisnis yang bersifat monopoli itu sangat baik dibanding bisnis yang pasaran. Ingat! Tidak banyak lho perusahaan yang teknologinya memiliki sifat monopoli. Produknya hanya kita yang memiliki. Lebih bagus lagi kalo teknologi yang dipakai hanya milik kita sendiri. Bisnis monopoli biasanya barang dan teknologinya sudah di daftarkan (memiliki hak paten) so sudah barang tentu tidak ada perusahaan sejenis yang memiliki kesamaan.

8. Cari bisnis yang monopoli yang juga menawarkan hak franchise. Franchise itu adalah hak menjalankan, hak kepemilikan dan kerjasama bisnis. Naah kalau anda sekalian sudah menemukannya maka semua impian anda sudah terbuka lebar untuk digapai. Mengapa? Ya iya lah, kalau semua kita dah bisa miliki, apapun bisa kita gapai! Betuuull?

Segitu aja resep/pandangan/cara untuk para pencari peluang bisnis. Bila ada pertanyaan dan ingin penjelasan lebih banyak lagi silakan hubungi saya di 0813 80 959 109 atau blackberry pin:225BC55F

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: