Ada 15 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Blog Pribadi

Menurut pengalaman Saya banyak orang ketika ditanya “Apakah hobi Anda?” Dan banyak dari mereka yang menjawab seperti olahraga, membaca, memasak, gaming, musik, mendengarkan lagu, menonton, dan sebagainya.  Namun sangat sedikit dari mereka menjawab menulis di blog.

Padahal jaman sekarang ini segala informasi bisa kita dapatkan di internet (istilah kerennya “googling”).  Anda akan segera mendapatkan iformasi seputar keingintahuan atau bahkan bisa juga menambah wawasan tentang apa saja termasuk menambah ilmu dari salah satu hobi-hobi Anda tersebut.

Anda mungkin tidak menyadarinya bahwa hobi nge-blog itu memiliki kekuatan dahsyat dalam hidup Anda.  Berikut ini akan Saya ungkapkan 15 alasan mengapa Anda harus memiliki blog pribadi.

1. Anda bisa menjadi penulis yang lebih baik. Pada perinsipnya menulis adalah sebuah komunikasi, menulis merupakan penuangan pemikiran/ide ke dalam sebuah tulisan dan mengajak pembaca untuk setuju atas pemikiran Anda. Pada akhirnya menulis itu perlu dilatih.  Menulis di blog tidak memaksa Anda untuk menjadi seorang penulis yang andal, keandalan menulis akan mengiringi sesering apa Anda menulis.

2. Anda akan menjadi pemikir yang lebih baik. Karena menulis merupakan sebuah proses penuangan pemikiran ke dalam tulisan maka Anda di tuntut untuk berpikir lebih dalam. Anda akan berpikir keras untuk memilih kata kata terstruktur yang dapat membuat pembaca mengerti apa yang Anda maksudkan.

3. Anda akan menjalani kehidupan yang lebih disengaja. Setelah Anda mulai menulis tentang kehidupan Anda dan akan terbentuk pemikiran, Anda akan mulai berpikir lebih sengaja tentang siapa Anda, siapa Anda dulunya, dan apakah Anda menyukai apa yang Anda lihat atau tidak. Dan itu hanya mungkin menjadi alasan yang cukup untuk memulai menulis.

4. Anda akan membangun sebuah penglihatan yang lebih memiliki arti. Seiring kebutuhan, blogging membutuhkan filter. Hal ini mungkin tidak hanya untuk menulis tentang setiap peristiwa, setiap pikiran, dan setiap terjadi dalam hidup Anda. Sebaliknya, blogging adalah proses yang tidak pernah berakhir memilih untuk mengartikulasikan peristiwa yang paling bermakna dan pikiran yang paling penting. Proses pilihan membantu Anda mengembangkan mata untuk hal-hal yang berarti. Dan ingat bahwa kadang-kadang hal-hal yang paling berarti muncul pada saat yang paling biasa-tetapi Anda akan melihat apa yang saya maksud setelah Anda memulai menulis.

5. Menulis akan membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat.  Blogging membutuhkan banyak hal seperti waktu, pengabdian, komitmen, dan disiplin. Dan hanya harus jelas, yaitu hal-hal yang semua baik untuk merangkul – hal tersebut akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal dari hari-hari  dan kehidupan Anda. Sejak mulai menulis blog, blogging akan memberikan kesempatan bagi kebiasaan hidup baru muncul pada Anda.

6. Anda akan bertemu orang-orang baru. Apakah itu melalui komentar, e-mail, atau media sosial, Anda mungkin akan terkejut betapa cepat Anda bertemu orang on-line. Dan dengan bertemu orang, maksud saya sah membentuk hubungan yang berusaha untuk melayani satu sama lain. Masyarakat blogging ramah, mendorong, dan benar-benar bersorak bagi Anda untuk kesuksesan.

7. Anda akan bisa mendapatkan uang. Anda tidak perlu membayar untuk menikmati blogging (menulis). Bahkan, kadang-kadang membuat uang dari blog Anda benar-benar dapat terjadi karena Anda memiliki dan menuangkan segala ide atau pemikiran ke dalam sebuah tulisan yang benar-benar dapat membayar Anda kembali seperti menawarkan jasa atas hobi Anda yang lain dan lainnya. Paham kan maksud saya?

8. Anda akan menginspirasi orang lain. Blogging tidak hanya mengubah hidup Anda, tapi juga mengubah kehidupan pembaca. Karena dengan memberikan bacaan di blog yang diperuntukan bagi para pembaca dan terbuka untuk umum secara gratis itu adalah tindakan memberi. Ini adalah tindakan layanan tanpa pamrih untuk menginvestasikan waktu Anda, energi, dan pandangan dunia menjadi sebuah tulisan dan kemudian menawarkan secara gratis kepada siapa saja yang ingin membacanya. Orang lain akan menemukan inspirasi tersendiri dalam tulisan Anda … dan itu adalah perasaan yang luar biasa bagi penulisnya.

9.  Anda akan menjadi lebih baik dalam berpola pikir. Setelah semua, blogging adalah latihan dalam memberi dan menerima. Salah satu perbedaan terbesar antara blogging dan penerbitan tradisional adalah kesempatan bagi pembaca untuk menawarkan/memberikan masukan kepada si penulis. Sebagai penulis blog, Anda memperkenalkan topik yang Anda rasa penting dan bermakna. Anda meluangkan waktu untuk penataan subjek dalam pikiran pembaca Anda dan menawarkan pikiran Anda pada topik. Kemudian, para pembaca bisa merespon. Dan sering kali, tanggapan mereka di bagian komentar menantang kita untuk mengambil hal baru/segar.

10. Menulis di blog itu gratis. Anda bisa mulai hari ini tanpa mengeluarkan uang sepeser pun sekarang (atau selamanya). Saya menggunakan WordPress dan blogspot dan saya sangat merekomendasikan Anda memakai salah satunya. Dengan investasi awal sebesar Rp. 0,- mengapa Anda tidak segera mencobanya? Atau hanya beberapa dolar/tahun dan Anda dapat menggunakan nama domain Anda sendiri.

11. Anda akan menjadi lebih dikenal. Blogging memperkenalkan diri kepada dunia. Hal ini menyebabkan Anda untuk mengartikulasikan kehidupan yang Anda jalani dan pandangan dunia di balik keputusan yang Anda buat. Apakah Anda memiliki 1 pembaca atau 10.000, proses blogging membuka hidup Anda kepada orang-orang luar. Ini adalah latihan yang baik pada eksistensi Anda sebagai manusia untuk diketahui oleh orang lain. Seiring waktu, Anda akan mengungkapkan lebih dan lebih  diri Anda ke dunia luar … dan Anda akan bersemangat untuk menemukan dunia yang berhubungan dengan Anda dan pembaca akan menikmati cerita Anda.

12. Ini akan berfungsi sebagai jurnal pribadi. Blogging melayani banyak peran yang sama sebagai perjalanan pribadi. Blogging mendidik kita untuk jeli dan memberikan bobot pada pertumbuhan pribadi yang kita alami. Blogging juga melatih pikiran kita untuk melacak kehidupan dan mengartikulasikan perubahan yang kita alami. Blog Anda menjadi catatan digital dari hidup Anda yang tersimpan “di awan.” Karenanya, ia tidak dapat hilang, dicuri, atau hancur dalam kebakaran bahkan sampai hari kiamat sekalipun.

13. Anda akan menjadi lebih percaya diri. Blogging akan membantu Anda menemukan lebih percaya diri dalam hidup Anda. Anda akan segera menyadari bahwa Anda menjalani kehidupan yang penting dengan tampilan yang unik dan memiliki sesuatu untuk menawarkan kepada orang lain.

14. Anda akan menemukan platform untuk merekomendasikan. Kita semua senang untuk merekomendasikan sesuatu hal yang telah kita temukan senangi atau menguntungkan, apakah itu sebuah restoran yang bagus, buku yang bagus, atau pandangan baru tentang kehidupan. Kesukacitaan tidak berarti sampai kita telah berbagi sukacita dengan orang lain. Sebuah blog memberikan kesempatan untuk melakukan hal yang sama. Blog menyediakan platform untuk berbagi sukacita yang kita alami dan merekomendasikan hal-hal baik yang kita telah temukan kepada orang lain.

15. Akan ada kesibukan/keramaian  komentar positif . Ada kesibukan kecil tertentu yang menyertai umpan balik positif langsung yang Anda terima setiap kali posting Anda dikomentar pembaca, dan mereka berbagi tulisan Anda di forum, Facebook, atau retweet kepada pengikut Twitter mereka. Seiring dengan waktu Anda harus membiasakan diri dari obsesi pembaca dan pengomentar lainnya, itu jauh lebih baik daripada tidak ada kesibukan atau kepadatan komentar.

Ingat, Anda tifdak perli menulis blog bila Anda beranggapan memiliki blog bisa membuat Anda menjadi kaya atau bisa mengumpulkan banyak pengikut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: