Sepuluh Cara Mudah Membuat Anak Anda Lebih Pintar

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kecerdasan bersifat genetik dan kecerdasan lingkungan juga tidak tetap tetapi dapat ditingkatkan karena mengembangkan otak neuron baru dan keterkaitan dengan stimulasi.

Sebuah lingkungan yang mendukung, mendorong berbagai aspek kecerdasan. Berikut 10 cara mudah untuk merangsang kecerdasan pada anak-anak akan menyediakan sebuah “lingkungan yang diperkaya” untuk pertumbuhan otak.

1: Cinta dan Harga Diri Meningkatkan Kinerja Akademik

Dalam serangkaian percobaan panjang, Prescott Lecky, seorang peneliti pendidikan Amerika, menemukan korelasi yang tinggi antara harga diri yang rendah dan masalah belajar pada anak-anak.

Dia berteori bahwa dengan membesarkan harga diri anak, performa belajar juga akan memperbaiki kinerja.

2: Menyusui Dengan ASI, Bayi Menjadi Lebih Smart

Peneliti Denmark menemukan bahwa ASI mengandung mikronutrien penting untuk perkembangan otak. Pada kenyataannya, semakin lama anak itu disusui, maka otak semakin banyak diasupi gizi. Sebagai contoh, bayi disusui selama 9 bulan lebih pandai daripada bayi yang hanya menyusui selama dua bulan.

3: Nutrisi Yang  Sesuai Meningkatkan Kesehatan Dan Konduksi Syaraf

Junk food dapat menyebabkan gagalnya penyediaan zat besi yang cukup untuk perkembangan otak yang sehat, sehingga impuls saraf semakin berkurang. Anak-anak dengan kekurangan gizi juga lebih sering tidak masuk sekolah karena sakit dan prestasinya akan jatuh di belakang teman-teman mereka.

4: Sarapan Pagi Penuh Gizi Meningkatkan Perhatian Belajar Anak Di Sekolah

Tiga puluh tahun penelitian menunjukkan korelasi yang kuat antara sarapan dan mental kewaspadaan. Anak-anak yang sarapan dengan sarapan yang bergizi memiliki memory yang lebih baik. Mereka juga dapat berkonsentrasi lebih baik dan menyerap lebih banyak informasi dalam kelas. Mereka yang tidak sarapan atau sarapan yang kurang lebih mudah tersinggung dan terganggu selama pelajaran.

5: Manfaat Latihan Kecerdasan Dan Kepribadian

Selain manfaat fisiologis yang jelas peningkatan asupan oksigen, aliran darah, stimulasi kekebalan tubuh, dan saraf transmisi, ada juga komponen psikologis dan sosiologis juga. Psikologis, anak-anak yang bugar menunjukkan harga diri yang lebih tinggi.

Sosiologis, anak-anak yang berpartisipasi dalam kegiatan olahraga yang terorganisir penampilan mereka lebih percaya diri, lebih banyak kerja sama, dan menunjukkan kepemimpinan yang spontan.

6: Pelatihan Musik Meningkatkan IQ sampai dewasa

Penelitian jangka panjang oleh University of Toronto menunjukkan bahwa pelajaran musik yang diselenggarakan untuk anak-anak sangat menguntungkan mereka sepanjang jalan sampai dewasa. Semakin lama anak belajar musik, semakin tinggi IQ mereka sebagai orang dewasa. Siswa yang belajar musik juga menampilkan nilai yang lebih baik di sekolah mereka.

7: Beberapa Video Game Meningkatkan Ketajaman Mental

Penelitian oleh University of Rochester menemukan bahwa permainan video tertentu meningkatkan persepsi sensorik, pemikiran strategis, dan perencanaan sebelumnya. Video game yang menciptakan perbaikan mental yang positif memiliki unsur pendidikan yang memperbaiki keterampilan motorik dan meningkatkan memori.

8: Permainan Asah Otak Memberikan Nilai Lebih Dari Sekedar Permainan Biasa

Permainan seperti papan catur, dam, permainan kreatif seperti Lego dan puzzle, dan permainan seperti brainteaser teka-teki silang, cryptograms, teka-teki, dan Sudoku dapat meningkatkan kecerdasan anak. Secara khusus, permainan tersebut merangsang pengambilan keputusan yang lebih baik, lebih pintar dengan berpikir analitis, dan pemecahan masalah yang lebih akurat.

9: Bacaan Dapat Meningkatkan Kreatifitas Dan Logika Tingkat Dua

Apakah seorang anak itu dibacakan cerita sebelum tidur, atau secara aktif membaca buku-buku mereka sendiri, diam-diam atau dengan suara keras, Kegiatan itu dapat meningkatkan pertumbuhan intelektual otak kiri dan kanan. Baik bacaan fiksi dan buku non-fiksi, imajinasi kreatif anak akan dapat ditingkatkan secara logis.

10: Memelihara Rasa Keingintahuan Anak Akan Menciptakan Daya Serap Pikiran Anak Lebih Terbuka

Rasa ingin tahu, dorongan untuk mencari pengetahuan, sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan pada anak-anak. Melakukan sebuah acara pendidikan (Outing), pengajaran keterampilan baru, dan mendukung hobi mendorong perkembangan rasa ingin tahu dalam hal ini sangat diperlukan peran orang tua

10 cara ini, akan meningkatkan kecerdasan pada anak-anak yang mudah diterapkan, praktis, dan dalam jangkauan orang tua dan guru. Penelitian telah menunjukkan bahwa cara tersebut di atas sangat efektif dalam menciptakan lingkungan anak-anak yang perlu mendapat dukungan para orang tua untuk mengembangkan kecerdasan mereka.

3 Responses

  1. salam kenal. saya B_Brave. saya mau tanya perihal munculnya salju di blog Anda. Bagaimana caranya? =D

    • salju:
      login
      klik appearence >>extra>>centang kolom salju>> save

  2. hemm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: