Cara Agar Anak Anda Tidak “Pecicilan” Di Tempat Umum

Apakah Anda memiliki seorang atau lebih  anak kecil yang tampaknya tidak dapat duduk diam (pecicilan) ketika Anda sekeluarga keluar rumah untuk makan? Jika hal ini terjadi maka Anda pasti akan menyukai teknik “Pengawasan Sang Manager” atau “Manager Watching Technique”.  Anak-anak kecil  tampaknya sangat menikmati aktifitasnya sampai kadang terlewat batas dan mereka akan segera memahami seberapa jauh mereka melewati batasan tersebut setelah ayah atau ibu mereka menegur secara  serius.  Inilah sebabnya mengapa sangat penting untuk  memiliki rencana disiplin sebelum pergi keluar ke tempat umum.

Anak Anda mungkin cukup berani menentang aturan Anda, tapi apakah ia punya nyali untuk melawan aturan restoran?  Sebelum memasuki penjelasan Anda lebih jauh, jelaskan kepada anak Anda bahwa restoran memiliki aturan itu sendiri.  Dan ini akan memperjelas atau menegaskan  bahwa ini bukan aturan anda, peraturan resoran ini adalah sebuah aturan bahwa semua orang harus mematuhi ketika berada di sebuah restoran.  Biarkan anak Anda tahu bahwa jika ia tidak mematuhi peraturan,  seorang manager akan datang dan memberitahu anda semua untuk pergi dari restoran.

Jelaskan aturan restoran berikut:

  • Setiap orang harus duduk di kursinya di sepanjang waktu.
  • Setiap orang harus menggunakan suara pelan sehingga dia tidak mengganggu orang-orang yang makan di meja sebelah.
  • Tidak diperbolehkan ada yang merengek atau menangis .
  • Semua makanan harus tetap di atas meja dan tidak dapat dimain- mainkan atau dilempar-lempar.

Bila perlu Anda mungkin ingin menggambarkan gambaran-gambaran sederhana dari aturan ini dan tunjukkan kepada anak  sebelum Anda pergi keluar untuk makan.  Anda bahkan dapat memberikan anak Anda tentang aturan pada sebuah lembar foto dan minta dia melihatnya dan memberitahu aturannya. Biarkan anak Anda tahu bahwa ada beberapa manager di restoran dan mereka akan selalu mengawasi setiap orang.

Jika anak Anda melanggar salah satu aturan, katakan padanya bahwa Anda  melihat seorang manajer sedang mengawasi meja anda dan sepertinya manager tersebut akan datang dan mengatakan bahwa berhentilah melanggar peraturan atau manager mungkin meminta Anda untuk pergi.

Anak Anda akan lebih menghormati aturan  jika ia berpikir bahwa aturan  tersebut diciptakan oleh manager restoran.  Untuk memperkuat teknik/disiplin ini, Anda bahkan bisa meminta manager untuk mendatangi meja Anda dan memberikan pujian kepada anak Anda dan memberitahukan tentang bagaimana mereka harus berperilaku baik selama makan.  Ini akan membuat anak Anda merasa yakin tentang perilakunya yang baik, tetapi juga akan membuatnya berpikir bahwa manager benar-benar memberi perhatian khusus pada tindakan yang menyalahi aturan.

Jika Anda tidak melihat seorang manajer di dekat Anda , Anda dapat memilih karyawan lain dan mengklaimnya bahwa dia adalah manajer.  Anak anak tidak akan mengetahui perbedaannya.  Ada baiknya untuk memilih seseorang karyawan yang sering datang di sekitar Anda .  Hal ini akan menjaga anak Anda selalu waspada dan membantu dia untuk selalu menjaga perilakunya.

Teknik ini dapat bekerja dengan baik setiap waktu jika Anda konsisten dan mengingatkan anak Anda dari aturan setiap sebelum pergi keluar rumah.

Selamat Mencoba

2 Responses

  1. wah sangat baik sekali saran anda untuk adik saya yang pecicillan

    • Saya sangat senang dan bersyukur bisa membantu anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: