Ada Apa Pada Tanggal 1-10 Dzulhijah?

Insya Allah tanggal 1 Dzulhijjah 1433 H jatuh pada hari Rabu, 17 Oktober 2012, dan sudah dipastikan hari raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1433 H jatuh pada hari Jumat, 26 Oktober 2012.

Ada 2 hal yang terkait dengan tanggal 1-10 Dzulhijah yang kini ramai dibicarakan orang.

1. Keutamaan 10 Hari Pertama. Bulan Dzulhijah ?

مَا مِنْ أَيَّامٍ الْعَمَلُ الصَّالِحُ فِيهَا أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ مِنْ هَذِهِ الْأَيَّامِ يَعْنِي أَيَّامَ الْعَشْرِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ وَلَا الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ إِلَّا رَجُلٌ خَرَجَ بِنَفْسِهِ وَمَالِهِ فَلَمْ يَرْجِعْ مِنْ ذَلِكَ بِشَيْءٍ

“Tidak ada satu AMAL SHALEH yang lebih dicintai oleh Allah melebihi amal shaleh yang dilakukan pada hari-hari ini (yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah)”. Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi saw menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun”. (HR. Bukhari, Abu Daud, Ibnu Majah, al-Tirmidzi dan lainnya, Hadits ini shahih).

Perhatikan Kalimat yang dipakai dalam hadits tersebut adalah الْعَمَلُ الصَّالِحُ (Amal Shaleh), artinya segala bentuk amal : Shalat, Puasa, Sedekah, dll.

Jadi TIDAK ADA PUASA KHUSUS tanggal 1-10 Dzulhijah (17-26 Oktober 2012), namun kita bisa melakukan puasa sunnah yang biasa dilakukan yaitu puasa senin kamis, puasa daud, puasa ayamul bidh.

Kajian kemarin disebutkan puasa yang sesuai sunnah dibulan Dzulhijah pada tanggal 9 Dzulhijah yang jatuh pada Kamis, 25 Oktober 2012, yaitu puasa arafah.

Adapun puasa tarwiyah Tanggal 8 haditsnya palsu, lalu tanggal 10 diharamkan puasa pada hari raya I’d dan hari-hari Tasyriq tanggal 11, 12, 13.

“Nabi melarang shaum lima hari dalam setahun: hari raya Fitri, hari raya Adha dan tiga hari Tasriq”. (HR. Daraqutni)

Dan juga karena saat Tasriq masih bisa menyembelih hewan qurban.

2. Potong Kuku dan Rambut

مَنْ كَانَ لَهُ ذِبْحٌ يَذْبَحُهُ فَإِذَا أُهِلَّ هِلاَلُ ذِى الْحِجَّةِ فَلاَ يَأْخُذَنَّ مِنْ شَعْرِهِ وَلاَ مِنْ أَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّىَ

“Siapa saja yg ingin berqurban dan apabila telah memasuki awal Dzulhijah (1 Dzulhijah), maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sampai ia berqurban”. (HR. Muslim, Hadits ini shahih)

Riwayat dari Ummu Salamah ra, bahwasannya Nabi Saw bersabda :

((  إِذَا رَأَيْتُمْ هِلاَلَ ذِي الْحِجَّةِ وَأَرَادَ أَحَدُكُمْ أَنْ يُضَحِّيَ فَلاَ يَأْخُذْ مِنْ شَعْرِهِ وَأَظْفَارِهِ شَيْئًا حَتَّى يُضَحِّيَ  )) وفي رواية :  (( فَلاَ يَمَسَّ مِنْ شَعْرِهِ وَبَشَرَتِهِ شَيْئًا  ))  (رواه مسلم)

“Jika salah seorang dari kalian telah melihat hilal bulan Dzulhijjah  sedangkan ia telah berniat untuk menyembelih hewan kurban maka janganlah ia. mengambil (memotong) sedikitpun dari rambut dan kukunya sampai ia menyembelih (hewan kurbannya tersebut)”. (HR Muslim, Hadits ini shahih)

PENJELASANNYA :
Larangan memotong kuku dan rambut mulai tanggal 1 s.d. 10 Dzulhijjah (17-26 Oktober 2012).

– Bagi yg sedang berhaji. merupakan larangan yg harus dihindari karena terkait dgn saat mereka memakai ihram dan saat itu tidak boleh potong kuku dan rambut.

– Namun bagi yg tidak berhaji itu hanya keutamaan saja.

Sama halnya dgn keutamaan untuk tidak makan/minum sebelum shalat idul adha, artinya walaupun makan/minum sebelum shalat idul adha tidak menjadikan shalat I’d nya tidak sah.

Artinya, memotong kuku dan rambut pada tgl 1-10 (bagi pequrban yg tidak melaksanakan haji) adalah KEUTAMAAN saja dan TIDAK MENJADIKAN QURBANNYA SAH/TIDAK atau BERDOSA apabila melakukannya.

PELARANGAN MEMOTONG KUKU DAN RAMBUT TIDAK JATUH KEPADA KEHARAMAN, NAMUN SEKEDAR KEUTAMAAN.

Salam !

Sumber: Kajian Tematis Al Quran dan As Sunnah

Posted from WordPress for BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: