Cara Tepat Terbebas Dari Utang

Apakah Anda bermimpi tentang menjadi terbebas dari suatu hari nanti? Ini akan dapat menjadi kenyataan jika Anda mengikuti beberapa aturan dasar dan melakukan apa yang diperlukan. Untuk memulai menyusuri jalan menuju kebebasan finansial Anda perlu melakukan beberapa hal. Apakah Anda siap? Mari kita mulai.

Tip # 1. Anda perlu mengakui bahwa Anda ada masalah.

Apakah tidak ada cukup uang yang masuk atau menghabiskannya yang  terlalu cepat, atau keduanya? Apakah uang yang dihabiskan itu untuk yang tidak penting? Apakah pendapatan yang dikeluarkan tidak dengan bijaksana pada barang-barang mewah yang tidak dapat Anda benar-benar mampu? Apakah Anda tahu berapa banyak Anda benar-benar harus menghabiskan uang tersebut? Apakah Anda tahu berapa banyak Anda berutang dan kepada siapa?

Anda harus jujur untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini dan bersiaplah untuk melakukan beberapa tindakan.

Tip # 2. Anda perlu membuat rencana dan menaatinya.

Pertama-tama, anda perlu mengetahui situasi keuangan Anda. Keluarkan semua tagihan kartu kredit Anda dan menjumlahkan Saldo. Membuat rencana untuk mengurangi utang ke tingkat tertentu dalam periode waktu yang tetap. Setelah hal ini dilakukan ada peralatan yang dapat Anda gunakan dari Internet untuk melacak pengeluaran dan pengurangan utang Anda.

Bayangkan apa yang akan Anda dapat lakukan dengan uang yang saat ini Anda miliki tapi digunakan untuk membayar utang.

Tip # 3. Jangan pernah menambah utang Anda. Gunting kartu kredit dan hiduplah di dalam kemampuan Anda.

Cara baik untuk berhasil mengurangi pengeluaran Anda sehingga Anda dapat hidup dalam kehidupan yang berarti . Mulai untuk menaruh beberapa penyisihkan dana/uang untuk keadaan darurat. Anda dapat mengurangi pengeluaran Anda dengan mudah jika Anda hanya berpikir secara kreatif. Berikut adalah beberapa saran untuk Anda mulai lakukan.

  • Apa pun yang Anda butuhkan (bukan hanya ingin) biasanya dapat dibeli pada saat obral. Berkomitmenlah untuk tidak membeli pada harga eceran lagi. Lihat di surat kabar, tunggu untuk saat obral dan bersabar.
  • Masaklah makanan di rumah lebih sering. Bekukan sisanya. Rencanakan kebutuhan makanan Anda untuk seminggu. Buat makan siang untuk bekerja daripada membeli makanan setiap hari.
  • Ambil sebuah hobi. Sibukkanlah diri Anda dengan hobi. Mungkin hobi Anda bisa menciptakan beberapa penghasilan?
  • Jangan jajan pada saat berbelanja atau di tempat kerja.
  • Mungkin jika Anda mencoba untuk tidak bepergian dengan kendaraan pribadi (mobil), Anda bisa gunakan perjalanannya dengan bus atau kereta api bahkan motor jika memungkinkan.

Tip # 4. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain.

Jika Anda menghabiskan waktu untuk bersaing (dalam hal pengeluaran) dengan orang lain, pikirkan apakah mereka mungkin berada dalam posisi yang sama untuk Anda. Berlatihlah untuk mengerti berapa banyak uang yang bisa Anda pakai dan berapa banyak harus sisihkan untuk tabungan atau keadaan darurat.

Tip # 5. Melunasi utang mulai yang sedikit jumlahnya.

Ini akan memberikan dorongan dan membantu Anda tetap di jalur yang lebih mudah dan Anda akan lebih termotivasi untuk melunasi semua utang.

Tip # 6. Menyimpan beberapa uang untuk kesenangan/liburan.

Proses keluar dari utang ini harus menyenangkan, bukan menjadi kesengsaraan. Jika proses itu menjadi tugas Anda, jangan tergoda untuk tidak memenuhi tujuan Anda. Simpanlah beberapa uang selain yang memungkinkan Anda terbebas dari utang dan gunakan dana tersebut pada hal-hal yang Anda inginkan (kesenangan/liburan), secara tidak rutin. Anda akan merasa jauh lebih baik tentang pengeluaran barang yang Anda mampu.

Untuk benar-benar memecahkan masalah utang, Anda perlu menjaga diri tetap terkendali. Tidak ada orang lain yang dapat melakukan ini untuk Anda. Jangan lupa mintalah bantuan Tuhan  dan tetap bersedekah juga. Anda akan sangat senang pada apa yang telah Anda lakukan, setelah beban utang telah terangkat dan Anda bisa menjadi Anda sendiri.

2 Responses

  1. gaji w 1.200.000 tp utang w banyak ,lebih dr gaji w gmna caranya untuk melunasi utang tersebut …w dah pusing cara mengatasinya pa lg ma istri w ribut melulu tiap hari ..

    • Coba dulu cara di atas….Insya Allah berharsil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: