Sholat Witir. Kapankah? Isi Doanya? Keutamaannya?

KAPAN SHALAT WITIR DILAKUKAN ?

Nabi saw : “Barangsiapa takut tidak bangun di akhir malam, maka witirlah pada awal malam, dan barang siapa berkeinginan untuk bangun di akhir malam, maka witirlah di akhir malam, karena sesungguhnya shalat pada akhir malam masyhudah (disaksikan)”. (HR. Muslim)

Hadits ini jelas menegaskan bahwa waktu pelaksanaan shalat Witir sangat kondisional dan tergantung pada kemampuan seseorang apakah bisa bangun di malam hari ataukah tidak.

Bila dia bisa bangun malam, maka shalat Witir dikerjakan setelah shalat Tahajud. Namun bila dia khawatir tidak bisa bangun malam, maka sebaiknya shalat Witir dilakukan setelah Isya sebelum tidur, jadi setelah terbangun dari tidur tinggal melakukan shalat tahajud saja.

Di bulan Ramadhan apabila sudah mengerjakan shalat Tarawih, tidak perlu mengerjakan shalat Tahajud lagi atau sebaliknya, karena itu adalah shalat yg sama hanya berbeda nama.

“Pada bulan Ramadhan maupun bulan lainnya Rasulullah shalat malam tidak pernah lebih dari 11 rakaat” (Muttafaq ‘alaihi dari Aisyah ra)

DOA SETELAH SHOLAT WITIR

“Kemudian setelah salam beliau mengucapkan,

‘Subhaanal malikil qudduus’, sebanyak tiga kali dan beliau mengeraskan suara pada bacaan ketiga” (HR. Abu Daud dan An Nasa-i)

Nabi Saw juga mengucapkan di akhir witirnya,

“Allahumma inni a’udzu bi ridhooka min sakhotik wa bi mu’afaatika min ‘uqubatik, wa a’udzu bika minka laa uh-shi tsanaa-an ‘alaik, anta kamaa atsnaita ‘ala nafsik”

Ya Allah, aku berlindung dgn keridhoan-Mu dari kemarahan-Mu, dan dgn kesalamatan-Mu dari hukuman-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa-Mu. Aku tidak mampu menghitung pujian dan sanjungan kepada-Mu, Engkau adalah sebagaimana yg Engkau sanjungkan kepada diri-Mu sendiri. (HR. Abu Daud, Tirmidzi, An Nasa-i dan Ibnu Majah)

KEUTAMAAN SHALAT WITIR

“… (Allah) mencintai orang-orang yg melakukan shalat Witir.” (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Salam !

Sumber: Kajian Tematis al-Qur’an & as-Sunnah

Posted from BlackBerry.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: