Takut, Harap Dan Cinta Kepada Allah Adalah Bagian Dari Iman Islam

Pahamilah benar benar bahwa takut, harap dan cinta kepada Allah SWT adalah bagian dari Iman. Dan pernyataan barusan disepakati oleh seluruh ulama tanpa terkecuali.

Jika seseorang merasa takut kepada Allah dan balasan Allah mungkin berupa kesulitan di dunia maupun di akhirat maka ia akan beribadah. Tanpa takut ia tidak akan beribadah.

Jika seseorang merasa harap kepada Allah dan balasan Allah mungkin itu berupa kemudahan di dunia maupun di akhirat maka ia akan meningkatkan ibadah. Tanpa harap ia tidak akan meningkatkan ibadah.

Jika seseorang merasa cinta kepada Allah maka ia akan melakukan ibadah yang terbaik. Tanpa cinta ia tidak akan melakukan ibadah yang terbaik.

Dengan kata lain, semakin besar harapan seseorang kepada Allah, maka akan semakin baik pula ibadahnya. Demikian pula sebaliknya. Namun masih ada juga yang meremehkan, “Ah, itu soal tahapan saja. Kalau pemula memang mainnya di tahapan takut dan harap.”. Maaf, kami terpaksa menggeleng-gelengkan kepala. Karena Nabi pun memiliki harap dan takut kepada Allah. Lha, mana mungkin Nabi itu pemula!

(Dikutip dari buku Percepatan Rezeki Dalam 40 Hari Dengan Otak Kanan oleh Ippho “Right” Santosa. Hal. 42)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: